Sabtu, 14 April 2018

Prajurit Marinir tingkatkan Olahraga Beladiri

Jakarta (WartaMerdeka) - Sebagai Prajurit Petarung, prajurit Marinir harus memiliki fisik dan kemampuan bela diri yang handal. Oleh karenanyq, olahraga menjadi menu rutin bagi prajurit Marinir. Berbagai jenis bela diri yang ada dalam Korps Marinir, mulai tinju, karate , pencak silat, taekwondo dan MMA (Mixed Martial Art). Program latihan pun disusun sedemikian rupa. Prajurit diberikan kebebasan untuk memilih jenis bela diri. 

Khusus untuk Prajurit Marinir yang berdinas di Markas Komando Korps Marinir (Mako Kormar), latihan Karate dilaksanakan setiap Selasa. Setelah apel pagi dan pengarahan dari Pengambil Apel, prajurit Marinir Mako Kormar melakukan pemanasan dan lari mengelilingi “joging track” yang ada, selanjutnya melakukan latihan karate bersama di halaman apel Mako Kormar. 

“Dengan berlatih bela diri karate membuat badan kita bugar. Dan juga membuat kita mempunyai “nyali” atau mental yang bagus. Dan yang paling penting akan sangat berguna bagi kita untuk membela diri ketika ada ancaman keamanan dan keselamatan diri kita,” ujar Senpai Mayor Mar Sukirno yang memimpin latihan karate tersebut. 

“Latihan karate ini juga sangat menunjang tugas kita sebagai prajurit Marinir. Kemampuan bela diri sangat penting dimiliki. Kita harus rajin berlatih. Jangan bosan tuk berlatih. Lawan rasa bosan itu dengan semangat. Semua untuk diri kalian,” tegas Senpai Sukirno, penyandang Sabuk Hitam Karate ini. 


Sementara itu Senpai Serma Mar M. Syafrudin menambahkan bahwa bela diri sangat menunjang dan bermanfaat, apalagi bagi seorang prajurit Marinir . “Jika ditekuni, olah raga beladiri ini banyak nilai positifnya. Badan jadi kuat , mental baja dan dapat juga menjadi ladang rejeki, jika fokus dan berprestasi,” nasehatnya (bp) | Foto: Penkormar 
Share:

Arsip