Minggu, 20 Mei 2018

Semua Sekolah Indonesia Wajib Memasang Peta NKRI

Jakarta (WartaMerdeka) - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiatuti, merasa penting untuk memahami peta laut yang membentang di peraian Indonesia dengan sangat luas ini. Karena dalam tugasnya memimpin Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), ia wajib memahami setiap jengkal perairan yang membentang dari Sabang hingga Merauke dan Miangas hingga Rote.

Itu salah satu intisari dari diskusi ringan Susi saat menerima kunjungan Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Kapushidrosal) Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H., dan rombongan di ruang kerjanya KKP (19/4).

Susi juga akan membantu menyuarakan kepada Kementerian dan Lembaga Negara lainnya agar melibatkan Pushidrosal dalam setiap kegiatan yang berhubungan dengan laut, khususnya penggunaan Peta Laut Indonesia (PLI), karena setiap aktivitas di laut tidak akan terlepas dengan hidrografi.

Kedatangan Kapushidrosal dan rombongan selain untuk meningkatkan kerjasama kedua institusi, juga sebagai wahana diskusi dan sharing tentang penggunaan data-data kelautan yang ada di Pushidrosal, Peta-peta khusus (tematik) wilayah laut Indonesia dari sisi hidro-oseanografi.

Pada pertemuan ini, Kapushidrosal memaparkan tentang tugas pokok yang diembannya sebagai penyedia data dan informasi hidrografi dan oseanografi untuk keselamatan pelayaran, serta kiprah dan peran yang telah dilakukan Pushidrosal, baik di tingkat nasional, regional, serta internasional dalam rangka mendukung terwujudnya Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Ditambahkannya, saat ini Pushidrosal telah aktif mengembangkan implementasi berbagai teknologi survei dan pemetaan terkini guna lebih meningkatkan akurasi dan ketepatan dalam menyediakan data dan informasi hidro-oseanografi yang memuat tentang informasi data batimetri dasar laut, geologi, kewilayahan dan batas laut, area konservasi, habitat laut dan oseanografi. Hal ini merupakan upaya guna menjadikan Pushidrosal sebagai Lembaga Hidrografi Nasional dan Pusat Informasi Geospasial Kelautan terbaik di dunia.

Menteri Susi, yang merupakan penggemar peta ini menyampaikan bahwa merupakan hal yang baik bila setiap sekolah wajib memasang peta NKRI di setiap ruang kelas disamping peta wilayah sekolah tersebut berada. Dengan kondisi ini, maka rasa cinta terhadap NKRI akan kembali tumbuh karena generasi muda/pelajar dapat melihat langsung betapa luar biasanya Indonesia terutama dari sisi kelautan.

Keinginan Menteri yang selalu melihat dan menyiapkan peta wilayah/daerah yang akan dikunjungi tersebut disambut positif oleh Pushidrosal. Kapushidrosal akan membantu menyiapkan peta-peta khusus kelautan dan peta NKRI, agar rasa cinta, rasa memiliki dan rasa bangga terhadap NKRI akan kembali tumbuh pada generasi muda/pelajar (dn/ab). Sumber : Indonesia Mandiri


Foto: Dok.Pushidrosal
Share:

Artikel Unggulan

Cara Memilih Presiden yang Baik dan Benar