Kamis, 12 Februari 2015

Kategori: Hankam

Hankam singkatan dari Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta adalah sistem pertahanan negara yang dianut oleh Indonesia.
Sesuai Undang-Undang RI No 34 Tahun 2004, Hankamrata adalah sistem pertahanan yang bersifat semesta, yang melibatkan seluruh warga negara.
Wilayah dan sumber daya nasional lainnya, dipersiapkan secara dini oleh pemerintah dan diselenggarakan secara total, terpadu, terarah, berkesinambungan dan berkelanjutan.
Pertahanan
Hal tersebut di atas, untuk menegakkan kedaulatan dan mempertahankan keutuhan wilayah NKRI dan melindungi keselamatan segenap bangsa dari setiap ancaman.
Selanjutnya disebut Pertahanan Nasional untuk mempertahankan kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan bangsa dari ATHG terhadap keutuhan bangsa dan negara.
Hakikat pertahanan negara adalah segala upaya pertahanan bersifat semesta yang didasarkan pada kesadaran atas hak dan kewajiban warga negara.
Pertahanan nasional merupakan kekuatan bersama (sipil dan militer) diselenggarakan oleh Negara demi integritas wilayahnya, perlindungan dari orang dan menjaga kepentingannya.
Pertahanan Nasional dikelola oleh Kementerian Pertahanan, dan Angkatan bersenjata disebut sebagai kekuatan pertahanan, dan juga disebut dengan Bela Negara.
Dalam bahasa militer, pertahanan adalah cara-cara untuk menjamin perlindungan dari satu unit yang sensitif dan jika sumber daya ini jelas, misalnya tentang cara-cara membela diri sesuai dengan spesialisasi mereka,
pertahanan udara (sebelumnya pertahanan terhadap pesawat: DCA), pertahanan rudal, dll. Tindakan, taktik, operasi atau strategi pertahanan adalah untuk menentang/membalas serangan.
Keamanan
Keamanan adalah keadaan bebas dari bahaya. Istilah ini bisa digunakan dengan hubungan kepada kejahatan, segala bentuk kecelakaan, dan lain-lain.
Keamanan merupakan topik yang luas termasuk keamananan nasional terhadap serangan teroris, keamanan komputer terhadap hacker atau cracker, keamanan rumah terhadap maling dan penyelusup lainnya.
Keamanan finansial terhadap kehancuran ekonomi dan banyak situasi berhubungan lainnya.
Ada banyak literatur dalam analisis dan pengkategorian keamanan. Bagian penting dari kemanan adalah “titik terlemah dalam rantai”.
Situasinya juga berbeda karena pelindung harus mencakup semua titik serangan sedangkan penyerang hanya harus mengidentifikasi satu titik lemah dan berkonsentrasi di situ.
Share:

Artikel Unggulan

Cara Memilih Presiden yang Baik dan Benar