Rabu, 21 Maret 2018

Koarmabar meningkatkan Profesionalisme prajurit dalam tindakan Perlawanan Ranjau


Jakarta (WartaMerdeka) - Dalam rangka peningkatan kemampuan dan keterampilan, serta profesionalisme prajurit dalam tindakan perlawanan ranjau, Satuan Kapal Ranjau (Satran) Koarmabar melaksanakan latihan Penyapuan Ranjau (20/3). 

Latihan yang dipimpin oleh Kolonel Laut (P) Dodi Agus Prasetyo selaku Komandan Satuan Kapal Ranjau Komando Armada RI Kawasan Barat (Dansatranarmabar) sekaligus sebagai Papelat dengan melibatkan seluruh prajurit Satran Koarmabar. 

Satuan Kapal Ranjau Koarmabar merupakan komando pelaksana pembinaan yang mempunyai tugas pokok melaksanakan pembinaan kekuatan dan kemampuan tempur unsur organiknya dalam bidang peperangan ranjau dan peperangan anti udara dalam rangka meningkatkan kemampuan tempur Koarmabar. 

Guna mendapatkan hasil yang maksimal, latihan yang dilaksanakan selama sembilan hari dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama adalah teori berupa penyampaian materi baik tentang berbagai macam jenis ranjau, daerah penyebaran, prosedur penyebaran maupun prosedur tindakan perlawanan ranjau yang meliputi analisa data kontak bawah air dan  penyapuan ranjau. 

Pada tahap selanjutnya adalah praktik dan drill gelar Alat Penyapu Ranjau (APR) jenis Mekanik MSG 25 yang dilaksanakan di geladak KRI Pulau Rusa-726 dengan Komandan KRI Mayor Laut (P) Fitriana C Ardi yang sedang bersandar di dermaga Fasilitas Pemeliharaan Perbaikan (Fasharkan) Mentigi. 

Dansatranarmabar menegaskan bahwa untuk mengasah profesionalisme harus dilaksanakan pembinaan secara terus menerus bertingkat dan berlanjut, sehingga ketrampilan prajurit dalam melaksanakan gelar peralatan peranjauan dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan dengan tetap mengutamakan keselamatan personel maupun materiil dalam setiap latihan (bp) | Foto: DispenArmabar 
Share:

Artikel Unggulan

Cara Memilih Presiden yang Baik dan Benar

Arsip